Jenis-Jenis Pipa Atau Saluran Air

saluran air pipa

Kali ini kita akan membahas berbagai Jenis Pipa Atau Saluran Air selain dari beton precast yang kami produksi. Ada berbagai jenis pipa Saluran Air yang dijual di pasaran Indonesia. Jauh lebih mudah bagi kita untuk mencari, memilih, mengetahui harga pipa ledeng dan membeli pipa untuk pipa ledeng di rumah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Tidak seperti pipa beton pada umumnya, pipa air termoplastik jenis PVC ini seringkali digunakan  untuk kebutuhan rumah tangga.

Pipa jenis PVC ini dikenal luas dengan sebutan pipa paralon. Selain pipa air termoplastik jenis PVC, ada juga jenis pipa lainnya yang memiliki kualitas terbaik yaitu pipa PE. Ini sering digunakan karena ini mungkin satu-satunya jenis pipa yang kami ketahui. Sebenarnya ada beberapa jenis pipa yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Pipa besi jarang digunakan karena mudah pecah dan korosi sehingga tidak tahan lama seperti pipa air PVC (polivinil klorida) dan PE (polietilen). Pipa besi tidak hanya lebih mahal, tetapi juga lebih sulit dari segi perawatan karena lebih sulit untuk diperbaiki dan diganti. Mari kita bahas pipa termoplastik untuk instalasi pipa rumah tangga. Pertama-tama kita perlu mengetahui jenis saluran air:

  • Saluran air bersih
  • Saluran pembuangan dan air limbah bekas
  • Selokan

Saluran Air Bersih

Saluran air bersih adalah saluran air yang digunakan untuk makan dan minum, artinya membutuhkan pipa air yang memenuhi standar food grade dan memiliki tingkat retak yang sangat rendah bahkan nol. Saluran air bersih umumnya juga digunakan secara bersamaan untuk keperluan sanitasi pemilik rumah. Pipa air termoplastik yang cocok untuk ini adalah pipa:

  • Pipa HDPE (High Density Polyethylene) dapat dikatakan pipa yang sangat ideal untuk penggunaan air bersih. Pipa ini memiliki tingkat keretakan yang rendah, tetapi kekuatan pipa HDPE sangat tinggi.
  • Pipa PP-R (Polypropylene Random) adalah jenis pipa yang sangat cocok terhadap suhu tinggi.
  • Pipa PVC-O merupakan suatu pengembangan dari pipa yang memiliki tingkat fleksibel dan kuat terhadap dinding pipa yang lebih tipis. Volume air yang mengalir lebih besar dari pipa PVC biasa dengan diameter yang sama. Tingkat retaknya juga lebih rendah dari PVC biasa.
  • Pipa PVC dan uPVC sebagai pengembangan lebih lanjut.

Saluran Air Bekas dan Air Buangan

Air bekas adalah air buangan yang dihasilkan dari keperluan mandi dan mencuci. Terkadang ada yang menggunakan air dari cucian hingga menyiram tanaman. Air limbah adalah limpasan air hujan yang mengalir dari selokan. Pipa air termoplastik yang cocok untuk tujuan ini adalah:

Pipa Pvc

Pipa teknologi senyap. Pipa ini cocok untuk gedung bertingkat atau untuk pemilik rumah yang ingin saluran pembuangannya tenang.

Air Kotor

Air kotor adalah limbah dari toilet. Limbah ini perlu dialirkan ke septic tank gunanya untuk disaring. Pipa air termoplastik yang cocok untuk tujuan ini adalah:

  • Pipa PVC Limbah adalah pipa PVC khusus untuk air limbah. Mudah dikenali dari tampilan luarnya yang didominasi warna coklat.
  • Pipa Astolan. Pipa ini cocok untuk air limbah suhu tinggi.
  • pipa pvc
  • Pipa teknologi silent

Setelah memilih jenis pipa, jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan dan perekat yang sesuai dengan jenis pipa. Pipa PVC pada umumnya menggunakan lem yang dikenal sebagai lem paralon untuk menyambung ke kuasi dan keni. Sedangkan untuk pipa PE atau HDPE, digunakan fitting dan lutut khusus dan diperkuat dengan ring khusus.

Pipa PVC ini, meskipun bukan jenis pipa terbaik, bisa juga disebut pipa air universal. Harganya yang lebih murah dan fungsinya yang universal membuatnya sangat mudah ditemukan dijual di toko-toko bahan bangunan di berbagai belahan dunia.

Jasa Saluran Air Mampet ?

Memiliki rumah yang kokoh dan indah tidak cukup untuk memenuhi kriteria hunian ideal. Pertama, Anda harus memenuhi empat syarat rumah sehat. Salah satu syaratnya adalah memiliki sanitasi yang lancar dan sehat. Desain sanitasi harus diprioritaskan ketika membangun tempat tinggal baru. Padahal, untuk hunian lama, desain saniter harus diperiksa ulang jika ada yang tidak sempurna.

Mulai dari kondisi pipa, skema debit, hingga letak saluran. Pastikan saluran tidak tersumbat agar sanitasi di dalam rumah tetap sehat. Lalu, bagaimana jika saluran di toilet dan kamar mandi masih tersumbat? Solusinya adalah Anda bisa menggunakan jasa saluran pipa mampet untuk memperbaiki saluran air di dalamnya.

Bagaimana Saluran Air yang Ideal?

Dalam kriteria sanitasi yang sehat, saluran air yang ideal harus memenuhi hal-hal berikut.

  1. Terdapat penampung air limbah dari kamar mandi, tempat cuci tangan, dan juga talang air hujan.
  2. Selokan terbuat dari pipa beton atau pipa tanah.
  3. Adanya tempat pembuangan seperti sungai, resapan buatan, atau semacam riol kota.

Semua saluran ini harus berfungsi dengan baik agar dapat mengalir ke shelter masing-masing. Untuk itu, Anda harus mematuhi aturan berikut.

  1. Hindari septic tank (waduk limbah dari toilet) dari air yang mengandung sabun atau deterjen. Pasalnya, zat dalam sabun mampu membunuh bakteri di saluran toilet.
  2. Pastikan toilet berada di dekat septic tank agar kotoran bisa mengalir dengan lancar. Namun, jagalah septic tank dengan baik agar sumber air bersih tidak tercemar.
  3. Saluran air kotor dari wastafel diletakkan jauh dari area kamar atau di bawah tempat tidur. Begitu juga dengan aliran limbah toilet, sebaiknya tidak melewati ruangan.
  4. Disarankan, pipa air tidak melewati bagian bawah kompor di dapur.
  5. Hindari pemasangan saluran air di atas kamar tidur. Selain berbahaya jika terjadi kebocoran, akan merepotkan jika harus dibongkar.
  6. Pilih jenis pipa terbaik untuk pipa ledeng di rumah Anda. Umumnya pipa rumah tangga menggunakan pipa PVC dan PE. Hal itu dikarenakan kedua jenis pipa tersebut memiliki kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.
  7. Tidak ada salahnya memilih pipa bermerk untuk air di rumah Anda. Cari merek terpercaya yang produknya terbukti awet. Nah, untuk menilai kualitas pipa, Anda bisa melakukan percobaan dengan menekan kedua ujung pipa hingga bagian dalamnya saling bertemu. Jika retak atau pecah, sebaiknya ganti ke merek lain.
  8. Ukuran pipa harus sesuai dengan fungsi saluran pembuangan di rumah Anda. Misalnya, pipa pembuangan dari kamar mandi lebih besar dari pipa air bersih. Umumnya pipa untuk saluran pembuangan kamar mandi berukuran 2-4 inci. Sedangkan pipa air bersih berdiameter 0,5-1,5 inci.
  9. Jika rumah Anda memiliki taman interior, sebaiknya jangan memasang saluran air di tengahnya. Atau jauhkan selokan dari pusat rumah.

Mengapa Pipa Kamar Mandi Tersumbat?

Anda telah mematuhi aturan untuk membuat saluran air, tetapi pipa masih tersumbat? Tidak perlu khawatir, pipa tersumbat biasanya disebabkan oleh benda yang menumpuk di dalamnya. Apa pun?

1. Rambut

Saat mandi, seringkali ada helaian rambut yang rontok. Apalagi saat keramas, jumlah rambut bisa lebih banyak. Jika hanya 1-2 helai, tidak masalah. Namun, bagaimana jika helainya dibiarkan selama seminggu? Akan ada lebih banyak, kan? Karena massa dan ukurannya yang kecil, rambut dapat larut dalam air.

Sayangnya, bulu-bulu tersebut tidak langsung masuk ke saluran pembuangan, melainkan menumpuk di dalam pipa. Dari sinilah pipa yang tersumbat berasal. Akibatnya, aliran air limbah tersumbat sehingga menggenang di lantai kamar mandi.

2. Tisu dan Kertas

Tanpa disadari, seseorang sering melempar tisu dan kertas ke lantai kamar mandi. Kedua bahan ini memang bisa hancur jika terkena air. Namun, proses penghancurannya memakan waktu lama. Bahkan dalam kondisi basah, baik tisu maupun kertas tidak dapat bercampur dengan air. Lalu apa yang terjadi?

Tentu saja, tisu dan kertas yang terbawa air akan mengendap di saluran pembuangan. Semakin banyak jumlahnya, semakin tersumbat salurannya. Ini juga terjadi saat Anda membuang peralatan kosmetik, seperti cotton bud.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang jenis-jenis pipa atau Saluran Air, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.