jasa aspal

ASPAL

Selain paving block masyarakat Indonesia tentunya tak asing lagi dengan aspal atau yang juga dikenal dengan bitumen, terutama bagi masyarakat Indonesia. Nah, sebenarnya aspal itu apa sih? Mengingat banyak sekali jalanan yang diberi aspal agar dapat terlihat lebih rapi dan aman untuk digunakan. Nah, aspal atau bitumen sendiri sebenarnya merupakan suatu cairan kental yang merupakan sebuah senyawa hidrokarbon yang materi aspal ini biasanya terdiri dari sulfur, oksigen, dan juga klor. Campuran dari materi aspal tersebut memiliki berat molekul yang cukup tinggi. Untuk perbandingan antara materi – materi aspal juga memiliki variasi, mengingat minyak mentah memang perlu dilakukan distilasi. Cek harga precast

aspal

Nah, untuk dapat mengetahui aspal dengan lebih mendalam, berikut ini Saya bahas macam jenis aspal, kelebihan, serta kekurangan yang mungkin dapat Anda ketahui dari aspal.

MACAM JENIS ASPHALT

secara umum aspal yang biasanya dapat kita temukan untuk pembuatan jalan dibagi menjadi 2 jenis, antara lain :

1. Asphalt Alam

untuk aspal alam ini merupakan material alami yang memang dapat digunakan langsung dalam proses pembuatan jalan. Nah, untuk aspal ala mini memang dibagi lagi menjadi beberapa sifatnya, yaitu :

  • Menurut sifat kekerasannya

Menurut sifat kekerasannya, aspal alam dibagi menjadi :

  1. Batuan ( asbuton )
  2. Plastis ( trindad )
  3. Cair ( Bermuda )
  • Menurut sifat kemurniannya

Menurut sifat kemurniannya, aspal dibagi menjadi :

  1. Aspal murni ( bermuda )
  2. Aspal campuran mineral ( asbuton + trindad )
  3. Aspal Buatan

2. Asphalt Buatan

Jenis kedua merupakan jenis aspal buatan dimana aspal ini didapat dengan cara mengolah hasil dari minyak bumi. sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan baku yang digunakan aspal pada umumnya merupakan minyak bumi yang memang memiliki kandungan aspal. Untuk jenis aspal buatan sendiri, terbagi menjadi beberapa kategori lagi, antara lain :

Aspal keras

Aspal keras merupakan sebuah jenis aspal yang biasanya digunakan dalam pembuatan AC. Berikut ini adalah pembagian jenis aspal keras :

Aspal dengan penetrasi rendah 40 / 55

Aspal dengan penetrasi rendah 40 / 55 ini biasanya digunakan sebagai kasus jalan dengan volume lalu lintas yang cukup tinggi dan memiliki cuaca iklim yang pamas.

Aspal dengan penetrasi rendah 60 / 70

Aspal dengan penetrasi rendah 60 / 70 biasanya digunakan untuk jalanan yang volume lalu lintasnya sedang atau tinggi dan berada di daerah dengan cuaca iklim yang panas.

Aspal dengan penetrasi tinggi 80 / 100

Aspal dengan penetrasi tinggi 80 / 100 ini biasanya digunakan dalam kasus jalanan yang volume lalulintasnya sedang ke bawah, dan biasanya digunakan di daerah yang bercuaca dan beriklim dingin.

Aspal dengan penetrasi 100 / 110

Aspal dengan penetrasi tinggi 100 / 110 ini biasanya digunakan untuk kasus pembuatan jalanan dengan volume lalu lintas yang rendah dan biasanya berada di kawasan dengan iklim yang dingin.

Aspal Cair

Jenis kedua adalah aspal cair, dimana aspal ini biasanya digunakan untuk keperluan lapis resap pengikat dengan berbagai jenis mulai dari MC – 30, MC – 70, MC 250, dan lain sebagainya.

jasa aspal

Kelebihan Penggunaan Aspal

Saat ini memang banyak digunakan materi aspal dalam pembuatan jalan antara lain yaitu paving block , cor beton dan aspal . Tentunya hal tersebut tidak terpisah dari faktor keuntungan yang didapatkan, nah berikut ini adalah keuntungan yang biasanya Anda dapatkan dengan penggunaan aspal sebagai bahan untuk pembuatan jalanan.

  • Jalanan memiliki tekstur lebih halus dan terhindar dari kemungkinan adanya jalan bergelombang, yang tentunya membuat para pengendara menjadi lebih aman.
  • Harga yang dibayarkan menjadi lebih ekonomis, terutama jika dibandingkan dengan beton.
  • Menghasilkan tingkat kebisingan yang cukup rendah, dimana membuat para pengendara menjadi lebih fokus.
  • Lebih mudah untuk dilakukan perbaikan dan hasilnya juga lebih rapi.
  • Warnanya lebih kalem dan cocok untuk suasana hati pengendara
  • Pembuatan tidak memerlukan waktu yang panjang.

Kelemahan penggunaan aspal

Meskipun dikenal dengan banyak kelebihan, namun ada beberapa kekurangan yang mungkin harus Anda waspadai dan harus Anda cari solusinya saat Anda menggunakan aspal ini sebagai salah satu bahan pembuatan jalan

  • Aspal memiliki tingkat ketahanan yang tidak terlalu lama
  • Penggunaan aspal harus dikondisikan dengan keadaan tanah
  • Penggunaan aspal memerlukan banyak perawatan
  • Penggunaan aspal juga harus dilengkapi dengan sistem drainase yang cukup agar tidak menimbulkan masalah baru. Lihat harga drainase beton uditch

Nah, itu dia beberapa informasi sehubungan dengan materi aspal yang biasanya kita temui di jalan. Semoga dengan artikel ini lebih memberi Anda informasi dan referensi dalam mengetahui informasi yang lebih mengenai salah satu jenis bahan pembuat jalan.

MINAT ORDER ?

Segera Hubungi Kami 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *