Untuk mendapatkan paving block atau conblock yang baik, membutuhkan kiat-kiat atau tips agar bisa mendapatkan paving yang berkualitas. Seiring meningkatnya popularitas paving, membuat para produsen bertambah banyak. Sehingga membuat jenis paving yang ada di pasaran juga semakin beragam yang terdiri dari beberapa kelas yang dapat dibedakan berdasarkan mutunya. Oleh karena itu, tidak menjadi jaminan jika paving yang harganya murah jauh lebih baik dibandingkan dengan produk lain yang harganya jauh lebih mahal. Akan tetapi, sangat disayangkan banyak dari konsumen tidak memahami faktor ini.

Paving Block digunakan sebagai salah satu bahan baku pengerasan jalan, karena pembuatannya semakin beragam, membuat sifatnya mempunyai daya tekan yang sangat tinggi serta dapat menambah beban yang cukup berat apabila dibandingkan dengan model pengeras jalan lain, misalnya saja aspal.

4 Cara Memilih Paving Block yang Baik

Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu dalam memilih paving yang baik, diantaranya:

1. Mempunyai bentuk yang presisi

Paving yang bagus itu adalah yang memiliki bentuk presisi, yang mana semua bagian permukaan materialnya rata, rapi, dan tidak berlubang bahkan bentuk sudutnya lancip. Dalam memilih, perhatikan baik-baik, yang mana paving yang baik itu tersusun oleh material yang amat padat dan rapat. Jangan sampai ada kerikil di bagian luarnya, itu artinya produsennya telah berbuat nakal yang mana mencampur kerikil yang sangat banyak.

2. Teksturnya terasa kasar

Paving block dibuat dari pasir yang sudah layak, dan ukurannya juga relatif sangat kecil. Apabila diraba menggunakan telapak tangan, maka paving yang baik tersebut terasa kasar, serta sedikit sakit jika dipegang oleh tangan. apabila terasa halus, itu artinya pasir yang digunakan tidak murni yang mana kemungkinan besar masih banyak mengandung tanah. Sementara apabila partikel penyusunnya mudah lepas saat digores menggunakan benda tajam, itu artinya semen yang digunakan sangat sedikit dengan begitu strukturnya sangat cepat keropos.

3. Memiliki keseragaman ukuran

Pembuatan paving ini dilakukan dengan cara mencetak semua bahan yang sudah tercampur dalam sebuah cetakan. Adapun tujuannya adalah agar semua bahan pembentuk tersebut dapat memadat. Karena memakai cetakan yang persisi, maka dapat dipastikan bahwa ukuran paving tersebut tidak berbeda dengan yang lain. Bahkan akan lebih bagus lagi jika semua paving yang dibeli seragam ini dapat berpengaruh terhadap kemudahan pemasangan dan kerapian hasilnya.

4. Kuat dan kokoh

Saat membeli paving, jangan lupa bertanya kepada penjual tentang produk yang dijual, mengenai kualitasnya. Jika perlu, mintalah penjual tersebut menguji mutu materialnya. Misalnya menjatuhkan beberapa paving secara acak. Produsen yang yakin jika produknya itu kuat akan dengan senang hati melakukan uji coba tersebut. Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk melihat kualitas paving block tersebut.

Itulah beberapa cara dalam memilih paving block yang berkualitas. Untuk masalah harga dapat disesuaikan dengan kualitas materialnya. Semakin berkualitas, semakin mahal harga paving block tersebut.

2 Thoughts on “4 Cara Memilih Paving Block Yang Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *