fungsi buis beton

Buis beton atau yang sering disebut dengan gorong-gorong beton tentu merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat awam maupun mereka yang bekerja di bidang kontraktor. Ini merupakan salah satu bahan beton yang hadir dalam bentuk siap pakai seperti pipa berukuran besar untuk saluran air. Secara umum, material ini memang sering digunakan untuk saluran pembuangan air, gorong-gorong, dan drainase. Harga gorong-gorong dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, dan kualitasnya.

Pemakaian material ini mulai dari tingkat pembangunan rumah sampai sumur dan jalan. Semua itu tergantung dari kebutuhan buis beton itu sendiri. Sebenarnya buis beton termasuk material modern untuk mendukung proses pembuatan saluran air. Selain dikenal dengan nama buis beton, material ini juga sering disebut dengan pipe concrete atau hong karena memiliki bentuk seperti pipa tetapi terbuat dari beton. Namun untuk nama standar material ini bukan buis beton melainkan gorong-gorong beton seperti yang sering disebutkan oleh para pekerja kontraktor.

Fungsi Buis Beton

Selain memiliki nama yang beragam, material beton ini juga menawarkan beberapa fungsi yang berbeda. Pada intinya, fungsi utama material ini adalah untuk menahan arus air baik aliran air yang masuk atau aliran air yang keluar. Karena fungsi itulah, buis beton biasanya hadir dalam bentuk seperti pipa baik pipa setengah lingkaran atau pipa satu lingkaran penuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi buis beton.

buis beton sumur resapan
  • Buis Beton sebagai Surmur Resapan

    Fungsi buis beton yang pertama adalah untuk pembuatan sumur resapan. Untuk fungsi yang satu ini, buis beton dapat digunakan untuk melapisi dinding tanah ketika membuat sumur resapan. Dulunya, pelapis dinding tanah sumur resapan hanya menggunakan batu kali yang disusun atau dengan cara dicor. Dengan adanya buis beton, proses pengerjaan pembuatan sumur resapan menjadi lebih mudah, cepat dan hemat. Apalagi harga sumur resapan buis beton juga lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pembuatan sumur resapan secara manual.

Dimensi buis beton yang digunakan untuk sumur resapan biasanya adalah yang berbentuk lingkaran atau bulat. Jenis buis beton ini juga dikenal dengan sebutan pipe concrete. Sumur yang menggunakan buis beton diketahui memiliki kelebihan berupa daya tahan yang lebih baik. Hal ini sebenarnya juga tergantung dari jenis buis beton yang digunakan.

  • Fungsi Buis Beton Sebagai Gorong-Gorong

    Selain digunakan untuk sumur resapan, buis beton juga digunakan untuk pembuatan gorong – gorong atau saluran air. Beton precast atau buis beton sebenarnya memang digunakan untuk gorong – gorong sebelum digunakan untuk berbagai konstruksi lainnya. Jenis buis beton yang digunakan untuk gorong – gorong mempunyai tipe yang sama seperti yang digunakan untuk sumur resapan. Tetapi untuk konstruksi gorong – gorong, buis beton yang digunakan biasanya berbentuk setengah lingkaran. Namun ada juga yang berbentuk kotak di mana harga saluran beton kotak tidak jauh berbeda dengan bentuk yang lingkaran.

Sementara itu untuk spesifikasi dan dimensi buis beton dapat disesuaikan dengan ukuran gorong-gorong yang dibuat. Namun pada dasarnya buis beton tersebut digunakan untuk melapisi dinding tanah agar lebih baik. Selain itu, material ini juga mendukung proses pengerjaan yang lebih cepat dan materialnya lebih kuat. Saat ini semua drainase atau gorong – gorong bisa dipastikan menggunakan material buis beton dibandingkan dicor atau menggunakan teknik yang lain. Apalagi harga gorong-gorong dengan buis beton juga lebih terjangkau dibandingkan dengan dicor.

buis beton pengairan
  • Fungsi Buis Beton Sebagai Pengairan

    Fungsi buis beton yang terakhir adalah untuk pengairan. Fungsi tersebut hampir sama dengan buis beton untuk drainase maupun gorong-gorong. Jenis buis beton yang digunakan dapat berupa buis beton belah atau buis beton bulat. Harga buis beton untuk pengairan hampir sama dengan buis beton pada umumnya. Proses pengerjaan saluran pengairan dengan buis beton diketahui jauh lebih cepat dan murah. Selain itu, penggunaan buis beton untuk material pengairan juga diketahui lebih unggul daripada memakai batu kali.

Hal ini karena buis beton pada saluran pengairan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk melindungi aliran air dibandingkan menggunakan bahan yang lain. Buis beton juga termasuk salah satu bahan yang cukup kuat

harga buis beton

Jenis-Jenis Buis Beton

Menurut penggunaan dan bentuknyanya, buis beton dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

  • Jenis Buis Beton Berdasarkan Bentuk . Kebanyakan produsen buis beton saat ini menghadirkan precast dalam dua bentuk yaitu bentuk setengah lingkaran dan lingkaran penuh. Kedua bentuk tersebut menawarkan fungsi masing-masing seperti yang telah disebutkan di atas.
  • Jenis Buis Beton Berdasarkan Bahan Pembuatannya . Buis beton semuanya terbuat dari semen atau concrete yang dicetak. Perbedaan menurut bahan untuk material tersebut terletak pada pemakaian pasir untuk buis beton maupun tidak. Jenis buis beton yang hadir di pasaran saat ini adalah Jenis yang menggunakan pasir dan jenis tanpa pasir. Tipe buis beton yang tidak menggunakan pasir diketahui lebih kuat karena tidak dapat ditembus oleh air. Oleh sebab itu jenis buis beton ini biasa digunakan untuk gorong-gorong atau pengairan.
  • Jenis Buis Beton Berdasarkan Pemakaian Rangka . Buis beton di pasaran ada yang dibuat dengan rangka baja yang memberikan daya tahan lebih kuat. Selain itu, ada pula buis beton tanpa rangka yang daya tahannya lebih rapuh. Jenis buis beton dengan rangka biasanya juga digunakan untuk gorong-gorong.

Order Sekarang

Hubungi kami untuk informasi dan negosiasi harga. Free konsultasi kebutuhan proyek !!!

Phone

Whatsapp

Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *